Rabu, 01 Februari 2023

Kayu Bapangkih Yudi Mandampa

 Kamis, 2 Februari 2023

 

Api di padapuran rumah saya, yang menggunakan kayu bapangkih yang dibeli tempat Yudi Mandampa. Foto : Akhmad Husaini

Kayu bapangkih. Foto : Akhmad Husaini

Kayu bapangkih dari pohon karet tua untuk bahan bakar memasak di rumah saya. Foto : Akhmad Husaini

Api di tungku pamasakan di rumah saya, menggunakan bahan bakar kayu bapangkih. Foto : Akhmad Husaini

Kayu bapangkih. Foto : Akhmad Husaini

Kayu bapangkih yang ada di rumah saya, untuk menunjang masak-memasak. Foto : Akhmad Husaini

Kayu bakar bapangkih yang saya beli di tempat Yudi Mandampa, sangat penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari di rumah. Biasa untuk merebus air, menggoreng ikan, membuat sayur, dsb. Untuk memasak nasi sudah ada pamanas

Tempat Yudi di Mandampa dengan rumah saya tinggal, Angkinang Selatan, berjarak sekitar 3 kilometer. Biasa saya membeli kayu bapangkih di tempat Yudi pada pagi hari, lalu pada sore hari akan diantar Yudi menggunakan gerobak. 

Kayu itu merupakan potongan-potongan dari pohon karet yang sudah tua, atau tak produktif lagi dalam menghasilkan getah. Penggunaan kayu itu bisa sampai dua minggu lebih akan habis. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Ruang Tata Usaha MTsN 3 HSS Selasa Pagi

 Selasa, 14 Mei 2024 Suasana di ruang Tata Usaha MTsN 3 HSS, pada  Selasa (14/05/2024) pagi. (ahu)