Kamis, 31 Mei 2018

Padaringan

Jumat, 1 Juni 2018

Budayawan muda Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Iwan Firmansyah, menyampaikan tentang kosakata Banjar yang sering didengar yakni padaringan. Menurut Iwan, begitu sapaan akrabnya, padaringan adalah sebuah tempat yang biasa digunakan untuk menyimpan beras dalam sebuah keluarga.



Padaringan sendiri dikatakan Kru Kandangan TV ini, ada bermacam bentuk, bisa dari gumbang (sejenis kendi), atau yang biasa disebut bejana, namun ada juga padaringan yang menggunakan panci besar seperti sablukan. Dijelaskan Iwan, apapun tempatnya untuk menyimpan beras selalu disebut padaringan.



Ditambahkan Iwan, kata padaringan memang sudah dipakai sejak nenek moyang orang Kalimantan Selatan yang sampai sekarang tetap dipakai. Selain itu kata padaringan juga dipakai untuk arti yang lain. Dipakai untuk pengganti kata isteri tua. Sebagai contoh kalimat “Jangan mambuang padaringan kalau mau cari istri lagi” Yang artinya kurang lebih jangan membuang isteri tua kalau mau cari isteri muda.



Lebih lanjut Iwan menuturkan, selain itu kata padaringan juga digunakan sebagai sebutan tempat usaha atau alat untuk usaha, seperti mobil, sepeda dan sepeda motor, karena padaringan adalah tempat suatu kebutuhan penting dalam keluarga. Maka tempat usaha dan sebagainya tadi diartikan dan disebut juga dengan kata padaringan. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Ruang Tata Usaha MTsN 3 HSS Selasa Pagi

 Selasa, 14 Mei 2024 Suasana di ruang Tata Usaha MTsN 3 HSS, pada  Selasa (14/05/2024) pagi. (ahu)