Minggu, 31 Agustus 2014

Memanfaatkan Keberadaan Kantin Madrasah

Senin, 1 September 2014




            
 Keberadaan Kantin Madrasah sangat menunjang dalam proses pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Sebagai sarana komponen madrasah menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
            “Setiap hari kerja Kantin Madrasah buka dan selalu ramai didatangi siswa untuk berbelanja makanan dan minuman pada jam istirahat,” ucap Abdurrahman, Wakamad Humas MTsN Angkinang, Senin (1/9/2014).
            Disampaikannya, Kantin Madrasah dikelola oleh warga sekitar madrasah. “Mereka yang mengelola. Namun sumbangsih untuk madrasah tetap ada berupa iuran bulanan. Yang nantinya  digunakan untuk kepentingan Kantin Madrasah sendiri,” ujar Abdurrahman.
            Norhamsiah, salah seorang pengelola Kantin Madrasah, mengatakan ia selalu berjualan setiap hari. “Saat istirahat diserbu siswa yang ingin berbelanja makanan dan minuman. Agak kewalahan juga,” kata Norhamsiah.
            Diberitahukan Norhamsiah, jumlah siswa MTsN Angkinang yang lebih 300 orang membuka peluang dirinya dalam berusaha. “Namun kesehatan makanan dan minuman yang disajikan tetap diperhatikan. Kami menjalankan semua aturan yang ada. Untuk mengkampanyekan PHBS,” ujar Norhamsiah.
            Sementara Fahly Nazar, siswa Kelas VIII A, merasa senang dengan keberadaan Kantin Madrasah. “ Tak perlu jauh-jauh keluar areal madarasah untuk berbelanja makanan dan minuman. Cukup di Kantin Madrasah saja. Selain terjamin kesehatannya juga murah meriah dan sesuai dengan isi kantong,” ujar Fahly Nazar.
            Nazar, begitu siswa ini biasa disapa, mengharapkan kepada rekan-rekan siswa agar turut menjaga kebersihan lingkungan madrasah. “Terutama yang berhubungan dengan Kantin Madrasah. Usai makan dan minum sampahnya dibuang ke tempat yang sudah disediakan,” ujar Nazar. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Ruang Tata Usaha MTsN 3 HSS Selasa Pagi

 Selasa, 14 Mei 2024 Suasana di ruang Tata Usaha MTsN 3 HSS, pada  Selasa (14/05/2024) pagi. (ahu)