Rabu, 11 Januari 2017

Siapa Garang Dugal Nintu ?

Rabu, 11 Januari 2017









Kawan saya asal Batu Tangga, Kecamatan Batang Alai Timur (BAT), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengaku lihum bapair setelah membaca tulisan saya tentang Dugal berjudul Tasalah Siram Banyu Asmara di akun facebook dan blog milik saya.

Siapa itu Dugal ? Dugal adalah tokoh rekaan dalam Serial Dugal yang saya tulis sejak 18 November 2016, tepat di hari ulang tahun saya. Namun nama Dugal sebelumnya sudah akrab dengan saya sejak puluhan tahun silam.

Ia adalah tokoh unik, lucu, aneh dan serba bisa. Gambaran hidup dalam dunia nyata. Untuk mempermanis cerita Dugal, saya menambah tokoh lainnya seperti Kacit, Gabau, Undat, Raji, dsb.

Diakhir tulisan saya selalu menuliskan kata ahu. Itu merupakan inisial nama saya Akhmad Husaini, sebagai pemilik sah tulisan tersebut.

Alhamdulillah sepulang mengikuti Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XIII Tahun 2016 di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut penggarapan Serial Dugal kian intens.

Sebagai upaya melestarikan khazanah budaya Banjar, khususnya Bahasa Banjar. Saya punya target sehari minimal  satu cerita Dugal yang tayang, baik di akun facebook maupun blog pribadi milik saya.

Mudahan kehadiran Dugal selain sebagai sarana hiburan, juga dapat menginspirasi dan menumbuhkan semangat kepenulisan bagi saya pribadi, maupun orang lain. Selamat menikmati Serial Dugal. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...