Senin, 13 April 2015

Lebih Dekat MAN Insan Cendekia

Senin, 13 April 2015


            Dalam rangka mewujudkan sumberdaya manusia yang handal dan berkualitas tinggi dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), serta menjadi pribadi yang mampu menegakkan keimanan dan ketakwaan (Imtak) di masa datang, tahun 1996 Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui program Science and Technology Equity Program (STEP) mendirikan SMU Insan Cendekia di Serpong dan Gorontalo yang diperuntukan bagi lulusan Madrasah Tsanawiyah / SMP di lingkungan pesantren. Pada tahun 2000 pengelolaannya dilimpahkan oleh BPPT kepada Departemen Agama (kini Kementerian Agama RI). Melalui Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 490 Tahun 2001, SMU Insan Cendekia diubah menjadi MAN Insan Cendekia.
            Siswa-siswi sebagai generasi penerus bangsa dikelola secara profesional oleh Tenaga Pendidikan yang memiliki integritas, komitmen dan dedikasi yang tinggi untuk kemajuan dan kejayaan negeri Indonesia tercinta. Beberapa prestasi internasional yang diraih adalah medali emas dalam International Physics Olympiad (IPHO) Tahun 2000 di Bali, International Biology Olympiad (IBO) meraih medali perunggu Tahun 2007 di Kanada dan Tahun 2010 di Korea Selatan, serta medali perak tahun 2011 di Taiwan. Olympiad Informatica (IOI) meraih perunggu tahun 2012, dan International Geography Olympiad (IgeO) medali perunggu tahun 2014 di Polandia. Disamping itu lulusan kedua madrasah tersebut lebih dari 95 % diterima di PTN terbaik di Indonesia (ITB, UI, UGM, UNPAD, IPB, ITS, UIN, dll) dan luar negeri (Jepang, Singapura, Jerman, Mesir, Malaysia, Korea Selatan, Australia, Saudi Arabia, USA, dan Rusia).
            Untuk mendesiminasikan keunggulan MAN Insan Cendekia di lingkungan Kementerian Agama, pada tahun 2007, Kanwil Kemenag Provinsi Jambi bekerjasama dengan MAN Insan Cendekia Serpong membidani lahirnya MAN Insan Cendekia Jambi. Standar keunggulan yang dimiliki MAN Insan Cendekia Jambi penyelenggaraannya mengacu standar keunggulan MAN Insan Cendekia. Pada tahun 2013 MAN Cendekia Jambi berubah menjadi MAN Insan Cendekia Jambi sesuai surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 186 tahun 2013. Meski tergolong baru telah menunjukkan prestasi yang membanggalkan di tingkat nasional, antara lain grand final LCC Pilar Berbangsa Bernegara Tingkat Nasional Tahun 2012, Juara I Nasional Lomba Pemograman Komputer IPB Bogor Tahun 2012. Prestasi lain yang diraih adalah lebih dari 95 % lulusan MAN Insan Cendekia Jambi diterima di perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia (UI, ITB, UGM, IPB, STIN, dll).
            Sesuai tuntunan masyarakat, Kementerian Agama RI terus mendesiminasikan keunggulan MAN Insan Cendekia secara bertahap di seluruh provinsi. Tahun 2015 telah dicanangkan dan dibuka penyelenggaraan MAN Insan Cendekia di 6 (enam) lokasi, yaitu : (1) Aceh Timur, Provinsi Aceh, (2) Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, (3) Siak, Provinsi Riau, (4) Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, (5) Paser, Provinsi Kalimantan Timur, (6) Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah. Cita-cita luhur bangsa untuk melahirkan generasi yang memiliki kemampuan iptek dan imtak yang seimbang serta handal diharapkan akan terwujud dan bermunculan dari berbagai penjuru negeri Indonesia.

Tujuan
1.Memberikan informasi dan promosi tentang MAN Insan Cendekia yang ada di Indonesia.
2.Menjaring bibit-bibit unggul yang potensial secara intelektual dan spiritual.
3.Memberikan kesempatan kepada lulusan MTs di pondok pesantren, MTs atau SMP Negeri maupun swasta, serta untuk mendapatkan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu.

Target
Peserta yang ditargetkan dalam PPDB ini adalah para peserta didik lulusan MTs di Pondok Pesantren, MTs / SMP negeri dan swasta sebanyak 10.000 pendaftar.

Persyaratan
1.Persyaratan pendaftaran calon peserta didik baru
a) Peserta Didik Kelas IX MTs / Ponpes / SMP pada Tahun Pelajaran 2014/2015
b) Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2015
c) Pada semester I Kelas IX Tahun Pelajaran 2014/2015 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah / sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah / sekolah asal (surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah / sekolah asal peserta didik) dengan ketentuan sebagai berikut :
1.Madrasah / sekolah yang memiliki rombongan belajar 1-5 kelas, dapat mengirimkan peserta maksimal 7 orang peserta didik berdasarkan rekomendasi dari kepala madrasah / sekolah.
2.Madrasah / sekolah yang memiliki rombongan belajar lebih dari 5 kelas, dapat mengirimkan peserta maksilal 10 orang peserta didik berdasarkan rekomendasi dari kepala madrasah / sekolah.
3.Madrasah / sekolah yang berada di wilayah dimana MAN IC baru berdiri yaitu : Aceh, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Timur dan kota Pekalongan dapat mendaftarkan peserta didiknya maksimal 20 orang.
4.Khusus pendaftar yang memiliki prestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional (peserta pada OSN, KSM, Lomba Penelitian / Karya Ilmiah yang resmi diselenggarakan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan, LIPI, Kementerian Pendidikan Tinggi dan Ristek) dapat diberikan rekomendasi dari kepala madrasah / sekolah asal peserta didik secara individu di luar batasan poin 1 s.d 2 diatas dengan menyertakan bukti prestasinya.
5.Khusus pendaftar yang memiliki hafalan Al Qur’an minimal 10 juz, dapat diberikan rekomendasi / surat keterangan dari kepala madrasah / sekolah asal peserta didik secara individu diluar batasan poin 1 s.d 2 diatas.
d.Mengunggah (upload) pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 (maksimal 300 kb)
e.Mengunggah (upload) berkas persyaratan ;
1.Raport Kelas IX Semester 1 (gasal) yang telah disahkan.
2.Surat rekomendasi dari kepala madrasah / sekolah sebagaimana disebutkan di poin c1 da c2
3.Sertifikat / penghargaan prestasi dibidang sebagaimana disebutkan di poin c4.
4.Surat keterangan / sertifikat hafalan Al Qur’an sebagaimana disebutkan di poin c 5.
5.Akte kelahiran / kenal lahir
6.Surat keterangan dari pimpinan pondok pesantren bagi peseta didik yang tinggal dan belajar di MTs / SMP di pondok pesantren.
7.Bagi calon peserta didik dari keluarga kurang mampu secara ekonomi harap menyertakan Kartu Perlindungan Sosial; (KPS) / Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Pelaksanaan Tes
            Tes seleksi penerimaan peserta didik baru MAN Insan Cenedkia dilaksanakan 1 (satu) kali dan serentak di semua lokasi tes (nasional). Pelaksanaan tes dilaksanakan pada

Hari / Tanggal : Sabtu, 9 Mei 2015
Waktu : 07.30 waktu setempat s.d selesai
Materi Seleksi : Tes potensi Belajar (TPB), Tes Akademik : Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.
Tempat Tes : Dilaksnakaan di Kanwil Kemenag Provinsi atau lokasi yang ditentukan dengan syarat jumlah peserta tes di lokasi tersebut minimal 30 siswa.

Pendaftaran
            Proses pendaftaran PPDB MAN Insan Cendekia hanya dilakukan secara online. Sebelum pendaftaran online dilakukan, persiapkan dokumen-dokumen yang disyaratkan dalam bentuk file bertipe JPEG. Pendaftaran online dilakukan dengan mengunjungi website penerimaan.ic.sch.id dan klik PPDB

Biaya Pendidikan
            Berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 3192 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, dalam rangka memberi layanan pendidikan pada MAN Insan Cendekia yang berkeadilan, maka terhitung mulai tahun pelajaran 2015/2016 peserta didik baru MAN Insan Cendekia dikenakan biaya personal berupa biaya asrama, makan, dan pakaian seragam yang tidak dianggarkan dalam DIPA MAN Insan Cendekia, kecuali bagi peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu yang dibuktikan dengan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Jadwal Kegiatan
            Informasi dan sosialisasi PPDB (Februari-Maret 2015), Pendaftaran online (1 Maret-1 April 2015), Seleksi Berkas (3 Maret-10 April 2015), Pengumuman peserta tes (20 April 2015), Pelaksanaan tes (9 Mei 2015), Pengumuma kelulusan (5 Juni 2015), Daftar ulang (10 Juni-24 Juli 2015), Awal Masuk Madrasah (25 Juli 2015)

Petunjuk Pendaftaran
1.Membuat akun di situs penerimaan (penerimaan.ic.sch.id) MAN Insan Cendekia. Kemudian simpan setelah anda mengisi data yang diminta.
2.Meng-upload foto
3.Meng-upload dokumen-dokumen persyaratan pendaftraan
4.Melihat pengumuman peserta tes tulis (dapat dilihat mulai tanggal 30 April 2015)

Bagi anda yang lolos seleksi sebagai peserta tes tulis :
5.Men-download kartu ujian
6.Mengikuti ujian tulis pada waktu yang telah ditentukan
7.Melihat pengumuman kelulusan

Perhatian, pendaftaran hanya dapat dilakukan satu kali. Silakan membaca petunjuk dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...