Selasa, 14 April 2015

Apel Manila Berbuah Lebat

Rabu, 15 April 2015


            Salah satu tanaman yang ada dan tumbuh di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) adalah apel manila. Tanaman ini sekarang sedang berbuah dengan lebatnya. Bagian daun dan batangnya cukup rimbun sekali. Sewaktu-waktu guru dan siswa ikut memetik buahnya untuk dinikmati.
Dengan cara menjolok menggunakan galah dari sapu ijuk panjang. Ada yang tak mengenakkan dari tanaman yang satu ini. Yakni bunganya berbau tak sedap, mirip aroma (maaf) kotoran manusia. Yang menebar kemana saja saat dihembus angin.
Ada usaha untuk menebanganya. Tapi sampai sekarang tak dilakukan. Masih ada rasa sayang. Akibatnya orang enggan berlama-lama berada dibawahnya. Selain juga banyak durinya disetiap bagian rantingnya. Tanaman ini sudah bertahun-tahun tumbuh. Tapi baru sekarang berbuah cukup lebat. Namun rasa kecut dan pahit membuat berbeda dengan buah lain. Mungkin pengaruh kondisi tanah dimana tanaman itu tumbuh. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...