Minggu, 12 April 2015

Akhirnya Panen Juga

Senin, 13 April 2015




            Kampung saya, Desa Angkinang Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) adalah kampung pertanian. Rata-rata warganya bermata pencaharian sebagai petani. Saat ini tanaman padi warga sudah berbuah. Sebagain sudah menguning. Termasuk juga tanaman padi milik keluarga saya. Salah satu lahan sawah kami yang berjarak beberapa puluh meter dari kami tinggal.
Karena sedang libur pada Minggu (12/04/2015) pukul 08.00 WITA saya ke sawah untuk memanen padi. Berpakaian ala petani. Tak lupa bawa harit. Lalu saya beranjak dari rumah ke sawah berjalan kaki. Karena cukup dekat. Di sawah sudah ada ibu saya yang lebih dulu datang. Dengan mengucap Basmalah saya awali panen padi kali ini. Memotong batang padi satu persatu. Setelah dipotong rumpun padi tersebut dihampar pada bagian atas batang yang sudah dipotong. Begitu terus-menerus. Bila sudah kering akan diangkut ke tempat panuyukan banih. Yang nantinya bila memanen padi sudah selesai semuanya akan diruntuk.
Luas lahan sawah yang kami panen sekitar 8 (delapan) burungan. Saat memanen padi saya menyaksikan banyak bilahu dimana-mana. Hama wereng ini merupakan penyebab tanaman padi menjadi hampa (kosong melompong, tidak ada isinya) karena dihisap makhluk yang satu ini. Sebagian tanaman padi masih ada yang hijau. Jadi yang kuning  saja yang kami potong. Pukul 12.00 WITA saya pulang ke rumah. Memanennya akan dilanjutkan nanti. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...