Senin, 09 Februari 2015

Pengantar Kepala Dinas Pariwisata HSS

Senin, 9 Februari 2015


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

            Salah satu program pembinaan, pengembangan dan pelestarian seni budaya daerah dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah pendokumentasian kesenian yang hidup dan berkembang di kawasan ini.

            Setelah tahun lalu diterbitkan buku tentang kesenian Mamanda, maka tahun ini kami memilih penerbitan tentang seni sastra. Pemilihan itu didasari pemikiran bahwa dunia sastra Hulu Sungai Selatan merupakan cabang seni yang demikian konsisten perkembangannya. Para sastrawan HSS tidak cuma berkiprah di tingkat nasional, tetapi juga telah mencapai wilayah ASEAN.

            Buku antologi La Ventre de Kandangan : Mosaik Sastra HSS 1937-2003 yang dieditori Burhanuddin Soebely ini mencoba mengenalkan sastrawan HSS mulai tahun 1937-2003, berikut beberapa karya mereka. Pengenalan terhadap sosok dan karya tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan kebanggaan terhadap dunia kesenian kita.

            Berbagai keterbatasan yang ada mungkin menjadikan antologi ini belum selengkap yang didambakan, namun paling tidak ia bisa memberikan gambaran selintas sebagai awal pencermatan selanjutnya.

            Semoga antologi ini dapat dijadikan salah satu bahan rujukan bagi berbagai pihak dalam mengenali dan mencermati keberadaan dunia sastra di kawasan HSS.

Wassalamu’alaiakum Wr. Wb.



Kandangan, Desember 2003



Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

Kabupaten Hulu Sungai Selatan



Drs HM Yusni Baharuddin, M.M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...