Jumat, 13 Februari 2015

Menengok Kegiatan Yasinan di Desa Angkinang Selatan

Sabtu, 14 Februari 2015


            Arisan / yasinan malam Jum’at sudah berlangsung sejak puluhan tahun silam. Digelar setiap Kamis malam dari rumah ke rumah secara bergiliran. Sebagai ajang silaturrahmi antar warga. Mempererat ukhuwah Islamiyah. Yang diharapkan akan tetap terus berlangsung sampai kapanpun.

            Usai shalat Isya warga yang menjadi anggota yasinan beranjak menuju rumah warga yang kena giliran. Hampir setiap kaum laki-laki baik tua maupun  muda di jiran Langgar Al Kautsar adalah anggota yasinan malam Jum’at.

            Tiba di rumah mereka menempati tempat yang disediakan dengan duduk lesehan. Sambil menunggu yang lain datang mereka saling berbincang. Sementara Hairul Ilmi, yang bertugas mencatat anggota yang bayar arisan bertugas dengan sebaik mungkin. Setelah warga terkumpul acara pun  dimulai. Kaderi, tetuha agama mengomando. Diawali dengan pembacaan surah Yasin. Dilanjutkan dengan shalawat kamilah, tahlil, dan diakhiri dengan do’a.

            Setelah itu ada tausyiah bersama tuan guru yang sudah diundang. Materinya menyesuaikan momen yang dihadapi. Bisa juga pelajaran fiqih. Selesai ceramah warga dijamu oleh tuan rumah dengan makanan yang disediakan tuan rumah. Begitulah aktivitas keagamaan di Desa Angkinang Selatan. Diharapkan tetap eksis sebagai wahana pemersatu ummat.***




Kandangan, 24-08-2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...