Rabu, 17 September 2014

Merasa Bertanggung Jawab Dengan Kebersihan Madrasah

Rabu, 17 September 2014




          
  Kebersihan lingkungan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) tidak hanya dibebankan kepada petugas kebersihan yang sudah ada. Tapi juga siswa turut dilibatkan. Agar mereka mempunyai rasa memiliki dan bertanggung jawab.
“ Sebagai bentuk rasa tanggung jawab siswa terhadap madrasah ditetapkan jadwal petugas kebersihan lingkungan dan Water Closed (WC). Jadwal tersebut ditetapkan untuk satu semester. Semester berikutnya akan ditetapkan bagi siswa yang belum kena giliran,” ungkap Maulia Ulfah, S.Pd, salah seorang Pembina UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) MTsN Angkinang, Rabu (17/9/2014).
Menurut Maulia Ulfah, dengan adanya jadwal yang sudah ditetapkan dan ditempel di setiap kelas tersebut siswa lebih punya perhatian. “ Para siswa bisa bisa termotivasi menjalankannya setiap hari. Sehingga harapan untuk menjadikan MTsN Angkinang sebagai madrasah yang memiliki lingkungan bersih dan asri dapat menjadi kenyataan,” ujar guru IPA ini.
Disampaikan Maulia Ulfah, di MTsN Angkinang terdapat beberapa buah WC baik untuk guru maupun siswa yang perlu dibersihkan setiap hari. “ Juga beberapa area yang perlu penanganan khusus dalam soal kebersihan. Dengan suasana bersih tentu memberi semangat dalam menjalani proses belajar-mengajar,” kata Maulia Ulfah.
            Muhammad Alfani, siswa Kelas VII A, yang ikut kena tugas berusaha dapat menjalankan tugas tersebut dengan baik. “ Hal ini sudah menjadi kewajiban sebagai siswa. Apapun tugas yang diberikan wajib saya jalankan, ” ujar Alfani.
            Alfani mengatakan, tugas tersebut dijalankan sesuai jadwal yang sudah ditentukan. “Saya kena giliran bersama siswa dari kelas lainnya. Untuk itu kami saling berbagi tugas sesuai arahan pembina UKS. Mudahan MTsN Angkinang makin bersih,” katanya. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...