Sabtu, 12 April 2014

Jembatan Gantung Loklahung Terancam Putus

Minggu, 13 April 2014

Seorang warga melintas diatas jembatan gantung di Desa Loklahung, Loksado
yang kondisinya memprihatinkan dan terancam putus. (Foto : Akhmad Husaini)

Jembatan gantung di Desa Loklahung, Loksado, Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan keadaannya cukup memprihatinkan.
            Bagian tengah menjorok ke bawah. Tali penguat putus dibeberapa bagian. Fisik jembatan miring. Dibeberapa bagian tampak berlobang. Diduga akibat terjangan banjir beberapa bulan silam yang melanda Loksado dan sekitarnya.
            Namun hingga kini tak ada upaya untuk memperbaikinya. Akibatnya kondisi jembatan tersebut sewaktu-waktu bisa memakan korban. Karena merupakan satu-satunya akses yang bisa dilewati bagi warga yang dari Loksado ke Loklahung atau sebaliknya.
            Jembatan dengan panjang sekitar 50 meter dan lebar 10 meter itu terletak tepat di depan SDN Loklahung. Jembatan ini sangat vital untuk kegiatan sehari-hari warga. Baik untuk bertani, sekolah, berdagang, dsb. Juga bagi pengunjung / wisatawan yang ingin menuju Riam Barajang dan Air Terjun Riam Hanai di Malaris.
            Seorang warga, Dumih, merasa was-was setiap kali melewati jembatan tersebut. “Takut terjatuh ke sungai,” ujar Dumih.
            Untuk itu ia berharap pihak berkompeten di HSS bisa sesegeranya mengatasi masalah ini. “Jangan sampai korban jiwa berjatuhan akibat jembatan ini,” kata Dumih.
            Sementara itu Rizal, seorang pengunjung Air Terjun Riam Hanai terpaksa berhati-hati mengendarai motornya. Ia membonceng teman. Temannya disuruh duluan ke seberang. Baru Rizal mengikuti dari belakang. “Sudah jembatannya miring, banyak lobang, dan kayunya ada yang lapuk. Benar-benar menegangkan saat melintasinya,” ujar Rizal. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...